(061) 6642331

Peduli Ekonomi Umat lewat Pendidikan

Oleh: ekonomi | Ditulis pada: 26-Jan-2017 16:04:21

Oleh : Nursantri Yanti, M.E.I

Seiring dengan perkembangan ilmu, teknologi dan ekonomi, kebutuhan manusiapun terus berkembang. Dewasa ini masyarakat mulai memasukkan kebutuhan-kebutuhan baru sebagai kebutuhan dasar mereka. Salah satu kebutuhan tersebut diantaranya adalah kebutuhan akan pelayanan pendidikan, karena pendidikan merupakan salah satu kebutuhan hidup yang sangat pentingdalam menunjang aktifitas sehari-hari. Manusia mulai menyadari bahwa pentingnya pendidikan bukan sekedar bekal untuk mendapatkan pekerjaan yang layak, meskipun kenyataannya di Indonesia sendiri pendidikan masih menjadi salah satu indikator dalam mendapatkan pekerjaan. Terlepas dari itu, pendidikan memaksa kita keluar dari kungkungan cara berpikir yang sempit dan membuat kita memiliki wawasan yang lebih luas. Kesadaran akan hal inilah yang membawa peradaban manusia sampai pada cara pandang yang menganggap pendidikan sebagai salah satu kebutuhan dasar. Dan pada akhirnya manusia mulai berpikir bahwa pedidikan secara formal di tingkat Sekolah Menengah Atas (SMA) saja sudah tidak cukup. Bahkan jenjang pendidikan S1 terkadang belum terasa cukup untuk lebih memahami hakikat hidup. Hal ini terlihat dari meningkatnya minat masyarakat untuk melanjutkan studi ke tingkat S2 dan S3. Dalam hal ini, sering kali terbentur dengan biaya pendidikan yang tergolong mahal.

Jika dilihat dari seluruh perguruan tinggi di Sumatera Utara, misalkan saja jurusan Ekonomi rata-rata biaya pendidikan di tingkat S1 Rp 3.500.000 – Rp. 5.000.000/tahun untuk Perguruan Tinggi Negeri, sedangkan di Perguruan Tinggi Swasta rata-rata biaya pendidikan di tingkat S1 mencapai Rp. 3.600.000 – Rp. 7.000.000 /tahun. Dampak dari mahalnya biaya pendidikan tidak jarang menyurutkan niat masyarakat untuk melanjutkan pendidikanke jenjang perguruan tinggi. Karena bagi masyarakat yang tergolong tidak mampu untuk membayar biaya pendidikan akan memilih bekerja untuk memenuhi kebutuhan hidup. Yang lebih disayangkan lagi mahalnya biaya pendidikan tidak menghambat seseorang yang memiliki kecerdasan yang baik untuk melanjutkan pendidikannya. Pada dasarnya pendidikan tinggi memang tidak menjamin seseorang sukses dalam berkarir, namun pendidikan seseorang menjamin intelektualnya dalam menyikapi kehidupan baik itu bermasyarakat maupun sebagai hamba Allah. Namun tidak mudah menemukan perguruan tinggi yang relatif murah dan tetap mengandalkan kualitas. Karena Perguruan Tinggi Negeri yang sampai saat ini masih menjadi favorit masyarakat sudah tergolong mahal di biaya pendidikan. Mahalnya biaya pendidikan semakin menambah jumlah pelajar yang mengesampingkan pendidikan meskipun memiliki segudang kecerdasan.

Hal inilah yang menjadi dasar didirikannya Sekolah Tinggi Ekonomi dan Bisnis Islam (STEBI) Al-Ulum terpadu Medan dengan Izin Operasional SK-DIRJEN PENDIDIKAN ISLAM KEMENAG RI No. 2636 Tahun 2015. Dimana selain mengandalkan biaya yang tergolong murah Rp.2.500.000 pertahun, jika dibandingkan dengan Perguruan Tinggi Swasta lainnya pada jurusan Ekonomi Islam. PerguruanTinggi Swasta yang di bawah naungan Kopertais ini memiliki tenaga pengajar yang berpengalaman di bidangnya, dan fasilitas yang ditawarkan juga tidak kalah bersaing dengan perguruan tinggi lainnya. Seperti ruang kuliah ber-AC, laboratorium komputer, ruang perpustakaan, jaringan wifi dan dilengkapi dengan Bank Mini Syariah. Selain itu juga memiliki rencana program kerja sama (MoU) :

  • -STEBI Al-Ulum bekerjasama dengan BRI Syariah
  • -STEBI Al-Ulum bekerjasama dengan Pasar Modal Syariah
  • -STEBI Al-Ulum bekerjasama dengan UIN Jambi
  • -STEBI Al-Ulum bekerjasama dengan KSU Syarama
STEBI Al-Ulum hadir dengan harapan baru dan semangat baru bagi masyarakat. STEBI Al-Ulum didirikan oleh Bapak Prof. Dr. Amiur Nuruddin, M.A (Tokoh senior penggerak Ekonomi Islam Sumut) dan Prof. Dr. Nawir Yuslem, M.A (Guru besar di bidang Hadits) dengan membuka Program Studi S1 Ekonomi Syariah dan D3 Perbankan Syariah. Atas dasar kepedulian terhadap ekonomi umat didirikanlah STEBI Al-Ulum Terpadu Medan, selain untuk mewujudkan solusi pengembangan ekonomi syariah nasional, selanjutnya STEBI juga hadir sebagai solusi bagi masyarakat yang ingin kuliah berkelas tanpa kantong terkuras. Harapan kita kedepannya, STEBI benar-benar menjadi pusat kajian dan pengembangan Ekonomi Islam yang unggul dan kompetitif di Sumatera Utara, dan mampu bersaing di Perguruan Tiinggi Bidang Pendidikan .